MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

Sebagai warga negara yang sadar pajak, kendaraan pribadi seperti motor harus di ingat kapan jatuh tempo pembayaran pajak tersebut.

Motorku jatuh tempo pembayaran pajaknya adalah tanggal 27 Juni 2008, namun tidak ada salahnya jika kita lebih awal membayar pajaknya.

Syarat Membayar Pajak Kendaraan Bermotor:

1. Fotocopy BPKB, ada baiknya jika Anda membawa aslinya juga untuk jaga-jaga. Bagi Anda yang BPKB-nya masih dipegang Bank Pembiayaan, silakan meminta surat keterangan ke Bank tersebut. di BAF untuk surat keterangan ini Anda harus merogoh kocek sebesar Rp. 10.000,- aja belum termasuk parkir lho :)

2. Fotocopy STNK, yang asli jangan lupa diBAWA!,yang jelas halaman pajaknya nanti akan diganti

3. Fotocopy KTP/SIM, untuk keabsahan dokumen

Setelah Anda mempersiapkan syarat-syarat tersebut, barulah Anda
pergi ke SAMSAT terdekat.

Proses pembayaran pajak sangat cepat, tergantung kepadatan pengunjung juga sih…hehehe…

setelah ke LOKET untuk diperiksa kelengkapan, langsung diproses deh….beberapa menit kemudian….dipanggil ke KASIR, bayar (meski tiap tahun naik), udah selesai…..

selamat membayar pajak :)

be a good civilian

About these ads

10 responses to “MEMBAYAR PAJAK KENDARAAN BERMOTOR

  1. Mas Roni, mau tanya kalau mobil saya beli bekas, apa bisa saya bayar pajak kendaraannya..saya hanya punya fotokopi ktp si pemilik pertama..tidak ada asli ktp..bisa gak, mas??

    Thx infonya..Salam

  2. Saya, bayar pajak motor adik saya. Surat – suratnya semua lengkap, hanya KTP saja yang foto kopi, ditolak sama polisi samsat jl. Gunung sahari. Saya katakan adik saya berlayar di luar negri, jadi KTP juga dibawa dia. Apakah bayar pajak kepada negara harus serumit itu…?

    • Gak bisa bos, pasti ditolak…..maksudnya fotocopy disana…artinya Anda harus bawa BPKB asli untuk ditunjukkan, fotocopy untuk persyaratan saja

  3. Mau tnya nih..
    Klo BPKBnya d gadein gmn donk byar pjaknya bos??
    Klo tlat, trus byar pjak dobel di taon dpan, gmn? kena denda ya??

  4. halo mas pengen tanya,
    apakah bayar PKB tahunan itu harus di samsat yg satu daerah dgn alamat STNK?
    temen ada yg bilang bisa ada yg bilang gak bisa, dari pada bingung mending ane tanya ke sini
    maaf kalo salah room

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s